Peringati Hari Filsafat Dunia, HMJ AFI Adakan Seminar Nasional

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Aqidah dan Filsafat Islam (AFI) IAIN Palu menggelar seminar nasional memperingati hari filsafat dunia. Sabtu, (30/11/2019).

Seminar Nasional yang di adakan di asrama haji ini mengangkat tema “Agama Dan Sains Di Era Revolusi Industri 4.0”

Moh. Sakti selaku Ketua HMJ AFI saat di temui LPM Qalamun mengatakan tema ini di usung karena melihat di Era sekarang ini peran agama dan sains tidak jelas bahkan sering berselisih paham

“Maka dari itu , tema tersebut bisa memberikan gambaran bagaimana dengan adanya Filsafat itu mampu berperan untuk mendamaikan antara agama dan sains di era industri 4.0 ini,” ujarnya.

Ia juga berharap dengan terlaksananya kegiatan ini kiranya mampu untuk membuka wawasan dan cakrawala berpikir masyarakat umum karena berpikir itu bukan hanya milik orang berfilsafat tetapi milik bersama.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber yaitu Prof. Dr. Mukhtasar Syamsuddin, M.Hum yang merupakan Guru Besar Filsafat Universitas Gadjah Mada dan Dr. H. Lukman S.Thahir, M.A selaku Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Palu .

Prof. Mukhtasar dalam materinya menyampaikan tentang peran filsafat dan orang orang yang berfikir filsafat.

“Di Zaman sekarang ini filsafat seringkali dipandang sebelah mata oleh sebagian orang karena mempertanyakan potensi dan kualitas orang orangnya dalam dunia kerja,” ujarnya.

“Padahal sebenarnya orang orang hebat itu ialah orang yang menjadikan filsafat sebagai landasan atau pondasi dalam hal berfikir serta bagaimana ia menjalani aktifitas di dunia,” tambahnya.
Ia juga mengatakan bahwa filsafat mampu menjelaskan segala hal, baik fenomena yang terjadi di dunia dengan cara berpikir.

Wartawan Magang : MSD , Jay

SUMBER : LPM QALAMUN

Posts created 10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top